Jual Bibit jamur merang Jual Bibit Jamur Merang Jogja : Memilih Bibit Jamur Merang

Sabtu, 08 September 2012

Memilih Bibit Jamur Merang

Jamur merang telah lama dikenal oleh masyarakat, karena rasanya yang enak dan bergizi. Minat masyarakat terhadap jamur merang meningkat pesat. Petani jamur semakin kualahan karena permintaan yang terus meningkat. Banyak petani baru yang mulai bermunculan, namun mereka kurang paham bagaimana memilih bibit jamur merang yang berkualitas.

Bibit jamur merang yang ditanam di media tanam jamur adalah bibit f3, pada umumnya dalam bentuk baglog dengan media jerami seperti pada gambar di samping. sedangkan bibit f2 dikemas dalam bentuk botol dengan media gabah, cantel dan jagung. 

Berikut ini ada beberapa tip cara memilih bibit jamur merang :
1.  Baglog F3 jamur tidak terkontaminasi ( berwarna hijau, atau hitam )
2.  misilium jamur ( seperti kapas ) tumbuh dengan akar yang sama 
3.  F3 berasal dari F2 yang memiliki kualitas yang baik pula.

Perlu diingat sebelum menanam bibit jamur ke dalam media, perlu untuk diperhatikan apakah misilium jamur sudah merata atau belum. Bibit jamur merang yang siap untuk ditanam adalah bibit jamur merang yang telah memutih tebal dan ada sperti keju kemerah-merahan. Warna merah ini buka terkontaminasi tetapi misilium jamur yang cukup tua dan siap untuk ditanam. Bibit jamur merang yang kurang tua saat ditanam akan mempengaruhi hasil panen jamurnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar